Jenis Tanaman Obat Untuk Keluarga

Jenis Tanaman Obat Untuk Keluarga

Jenis Tanaman Obat Untuk Keluarga yang Ampuh Bagi Kesehatan

Jenis Tanamn Obat Untuk Keluarga – Sekarang  ni banyak masyarakat yang memilih mengkonsumsi tanaman obat tradisional atau herbal ketimbang obat-obatan yang mengandung unsur kimia.

TOGA merupakan kepanjangan dari tanaman obat keluarga yang sudah digunakan turun temurun dan menjadi tradisi dari suatu suku atau budaya. Tanaman-tanaman ini sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia terutama dalam bidang kesehatan dan banyak terdapat di pekarangan rumah.

Selain tumbuh bebas di pekarangan,banyak juga yang membudidayakan tanaman TOGA ini.

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman TOGA bisa anda budidayakan dan Manfaat-manfaatnya bagi kesehatan.

Jenis Tanaman Obat

  • Daun Dewa

Tanaman TOGa atau tanaman Obat Keluarga ini sangat bermanfaat dan memiliki kandungan senyawa kimia seperti minyak asitri,saponin,flafonoid,polifenol,sterol,tannim,asam klorogenat,vanilat,alkaloid,asam p-hidroksi benzoate dan triterpenoid.

Selain itu juga terdapat sifat-sifat kimia seperti Antikoagulan,anti peradangan,diuretik,anti bakteri,analgesik,sitostatik,anti toksin,anti piretik,anti kolesterol,hipoglikemin dan hipotensif.

aun ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati rematik,gula tinggi,stroke,hipertensi,sakit jantung, dan masih banyak lagi yang bisa disembuhkan oleh tanaman ini.

  • Daun Seledri atau daun sup

Banyak ibu-ibu rumah tangga yang menanam tanaman ini namun hanya sedikit yang tau manfaat lain selain sebagai bumbu masakan.

Tanaman dengan nama latinnya apium graveolens L dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Penggunaan sebagai obat diyakini dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Selain itu ada juga beberapa orang yang alergi terhadap dan ini.

  • Buah belimbing

Buah yang banuyak memilki kandungan air ini juga terdapat kandungan Vitamin C yang berguna untuk menambah daya tahan tubuh. Selain bisa dimakan, buah ini kerap kali di jadikan minuman jus.

Bagi yang mengalami gangguan ginjal,sangatbagus untuk mengkonsumsi buah ini. Sedangkan untuk yang kolestrol tinggi, atau diabetes, anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Sebab memiliki kandungan gulaynag tinggi.

  • Daun Kelor

Tentu tidak asing lagi jika mendengar nama tanaman ini, Daun kelor. Dari WHO menganjurkan agar tanaman ini dikonsumi oleh bayi dan anak-anak sebab bermanfaat sebagai obat.

Jika menurut  TOGA Tanaman Obat Keluarga ini sering dikonsumsi sebagai sayur sebab bermanfaat untuk mencegah penyakit seperti kanker,diabetes,sakit jantung dan arthritis.

Perlu untuk di ingat bahwa tidak semua bagian daun kelor bisa dimakan. Bagi ibu hamil tidak dsarankan untuk memakan daun kelor.

Share:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.