Manfaat Tanaman Obat Dari Daun Saga

Daun Saga - Manfaat Tanaman Obat Dari Daun Saga
Manfaat Tanaman Obat Dari Daun Saga Untuk Kesehatan Keluarga Anda

Manfaat Tanaman Obat Dari Daun Saga – Meski dunia kedokteran sudah semakin teramat canggih. Namun banyak orang juga yang masih tetap menggunakan tanaman obat secara herbal. Salah satu yang digunakan sebagai obat Herbal adalah daun saga, yang juga dapat dipercaya sebagai obat tradisional dari jaman dulu.

Masyarakat pada umum juga meyakini manfaat dari daun saga berguna sebagai obat. Yaitu : batuk, pilek, demam, sakit perut, dan berbagai penyakit lainnya. Namun bagaimana pembuktiannya secara medis?

Daun saga adalah tanaman yang tumbuh secara liar di ladang, kebun, hutan, atau sengaja ditanam di pekarangan sebagai tanaman rambat.

Daun saga juga mempunyai nama latin seperti Abrus Precatorius, memiliki bentuk daun yang majemuk bersirip ganjil.

Bunganya berwarna ungu muda dan memiliki biji saga berwarna merah dengan memiliki bintik hitam.

Berikut ini kandungan yang dimiliki oleh daun saga. Antar lain : Protein, vitamin A, vitamin B1, B6, C, Saponin, Flavonid. Tannin, Alkaloid, Kalsiun oksalat, Glisirizin, Flisirizin, Polygalacturomic acid dan juga Pentosan

Berdasarkan penelitian, ada sekitar 30 bahan kimia yang terkandung baik di daun, akar, biji, dan bunga saga.

Sementara itu, daun saga memiliki banyak sebutan. Yaitu Lucky bean creeper, Precatory pea, Rosary pea, Rosary bean, Bead vine. Coral bead plant, Licorice vine, Crabs eye, Jequirity, dll. Daun saga juga tidak hanya populer sebagai obat herbal di Indonesia. Namun juga digunakan di Brazil, Afghanistan, Kamboja, India, Afrika, dll.

Kali ini kami akan menjelaskan beberapa Manfaat Tanaman Obat Dari Daun Saga Untuk Kesehatan Keluarga Anda. Kalian penasaran? Simak terus informasi nya Di tumbuhanobat.com

Mengatasi Batuk

Batuk adalah respon tubuh secara reflek untuk membersihkan lendir atau iritasi di tenggorokan.

Penyebab batuk yang paling umum adalah karena adanya infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus.

Masih banyak orang yang menggunakan obat tradisional. Untuk mengatasi masalah batuk seperti dengan meminum ekstrak daun saga.

Memang belum ada penelitian medis terkait kandungan apa di daun saga yang dapat mengobati batuk. Tetapi sudah banyak orang yang menerapkan daun saga tersebut.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah kondisi dimana tenggorokan Anda terasa sakit, gatal, dan sensasi seperti terbakar.

Penyebab sakit tenggorokan yang paling umum adalah di sebab karena infeksi bakteri Streptococcus yang mengganggu fungsi tenggorokan dan amandel.

Pada umumnya sakit tenggorokan dapat diobati menggunakan antibiotik. Namun beberapa orang mungkin lebih memilih dengan obat tradisional seperti menggunakan daun saga.

Daun saga yang mengandung beberapa bahan kimia yang bisa dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Namun belum ada uji klinis tentang kasiat ini, walau sudah banyak yang mengkonsumsinya juga.

Mengatasi Flu

Flu adalah penyakit yang merakyat karena sering terjadi pada kebanyakan orang dikarenakan kekebalan tubuh yang menurun.

Flu adalah infeksi yang disebabkan oleh virus akut yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Orang percaya dapat bermanfaat dengan menggunakan daun saga dapat mengatasi flu dengan cara meminum ekstrak daun saga.

Namun anda juga sebaiknya berhati-hati sebelum minum obat tradisinal ini. Karena belum ada penelitian yang akurat untuk membuktikan khasiat dari daun saga untuk flu.

Mengatasi Demam

Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh Anda naik dari suhu normal yaitu 37,5°C. Penyebab demam yang paling umum adalah karena infeksi virus atau bakteri.

Demam juga dapat menjadi gejala dari penyakit-penyakit lain.

Pada umumnya anda dapat mengatasi demam dengan minum obat parasetamol dan beristirahat yang cukup.

5. Mengatasi Gigitan Serangan dan Ular.

Manfaat dari daun saga juga dipercaya dapat membantu mengatasi gigitan serangga dan ular.

Masyarakat tradisional menggunakan ekstrak akar dan daun saga untuk menghentikan racun atau paparan infeksi dari gigitan serangga bahkan ular.

6.. Perawatan Terhadap Rambut.

Beberapa produk perawatan rambut di India menggunakan daun saga sebagai salah satu bahan utamanya.

Biji saga dihaluskan lalu dicampur dengan air beras untuk membantu mengatasi rambut rontok dan mempertahankan keindahan rambut.

Namun, beberapa orang mungkin tidak cocok dengan produk rambut dari daun saga ini.

 

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.