Tanaman Obat yang Mudah Ditanam

Tanaman Obat yang Mudah Ditanam

Manfaat dan Khasiat Tanaman Obat yang Mudah Ditanam

Tanaman Obat yang Mudah Ditanam – Alam diciptakan dengan segala yang ada didalam nya untuk saling melengkapi dan juga mencukupi yang diperlukan makhluk hidup didalamnya. Apalagi yang hanya tanaman obat herbal yang bisa didapatkan tanpa perlu resep dokter.

Mungkin beberapa dari tanaman tersebut sudah ada didalam halaman rumah kita. Hanya saja kita tidak mengerti dan belum paham manfaatnya.  Baiklah disini saja akan menjelaskan kepada kalian jenis tanaman herbal yang memiliki manfaat sebagai obat.

Berikut Berbagai Tanaman Obat yang Cocok di Perkarangn Rumah

  • Bunga Kenop

Bunga kenop ini merupakan tanaman asal amerika dan asia dan dikenal sebagai bunga kancing, kembang puter atau adas-adasan yang bermanfaat sebagai tanaman hias sekaligus obat herbal. Untuk merawatnya pun terbilang cukup mudah anda hanya perlu menyiram, menjaga kelembaban tanah, serta memberikan pupuk dengan teratur. Bunga yang biasa juga disebut sebagai antibatuk dan antiasma dengan bentuk yang unik ini berkhasiat mengobati sakit kepala, disentri, sakit kepala, deman, serta menambah nafsu makan. Anda bisa menggunakan bunga ini pada saat kondisi kering dan segar. Cara pemakaian nya cukup mudah rebus 10 kuntum bunga bersama jahe, dan diminum secara rutin 3 kali sehari untuk mengobati sesak nafas dan asma.

  • Daun Encok

Daun encok ini dapat mengobati nyeri sendi, sakit kepala, nyeri sendi, kanker darah dan sakit pinggang. Bagi penderita rematik, tumbuh halu dan cuci bersih daun encok yang segar. Sebelum diaduk halus seperti bubur, tambahkan air hangat dahulu. Dan cara pakainya anda bisa mengoleskan atau menggosok bagian tubuh yang nyeri dan sakit sebanyak 2 kali sehari.

  • Sage

Bagi yang tinggal di apartemen atau yang tidak mempunyai halaman rumah sangat cocok untuk memelihara tanaman sage ini. Karena lebih bagus ditanaman dalam pot, sage harus diganti setiap tiga tahun sekali. Pertumbuhan tanaman ini sedikit membingungkan karena semakin lama daunnya akan semakin kecil dan menjadi kayu sehingga tidak bisa dimanfaatkan lagi. Tanaman yang bisa menyembuhkan sariawan, meningkatkan kesuburan, melancarkan pencernaan, serta sebagai diuerik dan antibotik ini, tidak hanya jadi sebagai bumbu dapur. Dan sebagian orang juga bisa memanfaatkan nya untuk perawatan rambut karena beraroma unik. Untuk mendapatkan rambut tebal, harum dan bersinar, bilas dengan air rebusan daun sage dan rosemary.

Share: 

Share:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.